Kamis, 16 Desember 2010

Jurusan Teknik Perkapalan ITS

SEJARAH
Pada tanggal 10 Nopember 1957, Yayasan Pendidikan Tinggi Teknik 10 Nopember (YPTT) yang diketuai oleh Dr. Angka Nitisastro mendirikan PERGURUAN TINGGI TEKNIK 10 NOPEMBER dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Dr.Ir. Sokarno. Perguruan Tinggi Teknik 10 Nopember Surabaya memiliki dua jurusan, yaitu Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Teknik Mesin. Perubahan tersebut ditetapkan dalam SK Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan tanggal 3 Nopember 1960, No. 93367/U.U. yang kemudian diperbaharui dan diubah melalui SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 101250/U.U., tanggal 3 Desember 1960. Dengan SK Menteri yang kedua tersebut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang semula hanya mempunyai dua jurusan, berubah menjadi lima Jurusan, yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Teknik Elektro, dan Teknik Kimia. Selanjutnya status jurusan-jurusan tersebut masing-masing dirubah menjadi fakultas, dan dengan Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 1961, tanggal 23 Maret 1961, ditetapkan bahwa Dies Natalis Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang pertama adalah 10 Nopember 1960.Selanjutnya dalam perjalanan perkembangannya, struktur organisasi ITS mengalami perubahan pada tahun 1983. Melalui Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 1980, Peraturan Pemerintah No. 27 tahun 1981, dan Keputusan Presiden No. 58 Tahun 1982 yang berlaku bagi seluruh universitas/ institut, jumlah fakultas di lingkungan ITS berubah menjadi lima. Fakultas Teknik Perkapalan dikembangkan menjadi Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) dan mempunyai tiga jurusan, yaitu Jurusan Teknik Perkapalan, Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, dan Jurusan Teknik Kelautan.


VISI, MISI DAN TUJUAN
Visi, Misi, dan Tujuan Jurusan Teknik Perkapalan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) disusun dengan mengacu kepada Visi, Misi dan Tujuan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari program kerja Rektor ITS 2003-2007. Visi, Misi, dan Tujuan Jurusan Teknik Perkapalan - FTK - ITS menjadi dasar dan pedoman dalam penyusunan rencana kerja, pelaksanaan kegiatan maupun evaluasi Jurusan, dan Unit dilingkungan Jurusan Teknik Perkapalan - FTK - ITS dan selengkapnya adalah:

Visi
Jurusan Teknik Perkapalan sebagai sumber dan jaringan unggul untuk terwujudnya pengalihan dan pengembangan IPTEK Perkapalan yang menunjang pembangunan industri perkapalan yang berwawasan lingkungan.


Misi
Menyelenggarakan pendidikan tinggi IPTEK Perkapalan yang unggul untuk menghasilkan lulusan berkualitas global. Mengembangkan penelitian serta kegiatan inovatif dan kreatif untuk dapat menguasai dan mengembangkan IPTEK Perkapalan yang unggul serta relevan bagi kebutuhan pembangunan Nasional dan Asia Pasifik. Mengembangkan informasi serta pelayanan IPTEK Perkapalan yang unggul, tepat guna, dan berhasil guna menopang pembangunan dan pertumbuhan Nasional dan Asia Pasifik. Mengembangkan serta menjaga nilai, etika dan moral akademis dalam usaha meningkatkan peran masyarakat akademis untuk pertumbuhan peradaban kelautan serta pelestarian tradisi bahari.

Tujuan
Meningkatkan kualitas, relevansi, suasana akademis dan produktivitas lulusan dalam bidang teknik perkapalan. Meningkatkan kualitas, kuantitas dan relevansi dari kegiatan-kegiatan penelitian dan produk-produk yang inovatif dan kreatif. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan-pelayanan informasi tentang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang teknik perkapalan untuk pembangunan bangsa dan pertumbuhan ekonomi kawasan Asia Pasifik. Meningkatkan peran dari Jurusan Teknik Perkapalan ITS dalam menjaga dan mengembangkan nilai-nilai akademis, etika dan moral


Sarana dan Prasarana di Jurusan Teknik Perkapalan

LAB KONSTRUKSI DAN KEKUATAN
Visi
Laboratorium Konstruksi dan Kekuatan Jurusan Teknik Perkapalan sebagai sumber dan jaringan unggul untuk terwujudnya pengalihan dan pengembangan IPTEK Perkapalan dibidang Konstruksi dan Kekuatan Kapal yang menunjang pembangunan industri perkapalan yang berwawasan lingkungan

Misi
  1. Menyelenggarakan penelitian IPTEK Perkapalan dibidang Konstruksi dan Kekuatan Kapal yang unggul untuk menghasilkan lulusan berkualitas global
  2. Mengembangkan penelitian serta kegiatan inovatif dan kreatif untuk dapat menguasai dan mengembangkan IPTEK Perkapalan di bidang Konstruksi dan Kekuatan Kapal yang unggul serta relevan bagi kebutuhan pembangunan Nasional dan Asia Pasifik
  3. Mengembangkan pelayanan pengabdian pada masyarakat, IPTEK Perkapalan di bidang Konstruksi dan Kekuatan Kapal yang unggul, tepat guna, dan berhasil guna menopang pembangunan dan pertumbuhan Nasional dan Asia Pasifik
  4. Mengembangkan serta menjaga nilai, etika dan moral akademis dalam usaha meningkatkan peran masyarakat akademis di bidang Konstruksi dan Kekuatan Kapal untuk pertumbuhan peradaban kelautan serta pelestarian tradisi bahari.
Tujuan
  1. Meningkatkan kualitas, relevansi, suasana akademis dan produktivitas lulusan bidang Konstruksi dan Kekuatan Kapal.
  2. Meningkatkan kualitas, kuantitas dan relevansi dari kegiatan-kegiatan penelitian dan produk-produk yang inovatif dan kreatif di bidang Konstruksi dan Kekuatan Kapal.
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan pengabdian pada masyarakat tentang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Konstruksi dan Kekuatan Kapal untuk pembangunan nasional dan pertumbuhan ekonomi kawasan Asia Pasifik.
  4. Meningkatkan peran dari Laboratorium Konstruksi dan Kekuatan Kapal Jurusan Teknik Perkapalan ITS dalam menjaga dan mengembangkan nilai-nilai akademis, etika dan moral.
 
LAB PERANCANGAN DIBANTU KOMPUTER
 
Laboratorium Perancangan Dibantu Komputer merupakan salah satu laboratorium di Prodi/Jurusan Teknik Perkapalan yang berperan sebagai pusat perancangan dan rekayasa kapal. Laboratorium ini dilengkapi dengan fasilitas komputer yang mampu menangani berbagai macam permasalahan dibidang perancangan dan rekayasa perkapalan karena dilengkapi dengan berbagai perangkat lunak yang canggih pula, antara lain: Computer Aided Ship Design, Finite Elemen Softwares, Data Bases, Spreadsheets dan lain sebagainya.
 
LAB TRANSPORTASI LAUT DAN LOGISTIK
 
Laboratorium Sistem Transportasi Laut dan Logistik ini lebih banyak bersifat memberikan pelayanan dan konsultasi, seperti mengadakan kursus/penataran untuk PERUMPEL dan Syah Bandar, konsultasi modifikasi bentuk, konstruksi dan sistem kapal, analisa ekonomis perencanaan kapal, dan analisa profil gaanagan kapal. Disamping itu juga dapat memberikan pelayanan untuk perencanaan berbagai jenis kapal dari permulaan penentuan ukuran utama sampai ke sistem, stabilitas dan lain-lain. Dalam bidang transportasi terpadu regional ataupun nasional, disertai dengan perhitungan tarif angkutan laut dan aspek-aspek lain yang sering ditemui dalam masalah transportasi. 


LAB PRODUKSI
Visi
Laboratorium Produksi Jurusan Teknik Perkapalan sebagai sumber dan jaringan unggul untuk terwujudnya pengalihan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Produksi Perkapalan yang menunjang pembangunan industri perkapalan yang berwawasan lingkungan.

Misi
  1. Menunjang penyelenggaran pendidikan tinggi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Produksi Perkapalan yang unggul untuk menghasilkan lulusan berkualitas global.
  2. Mengembangkan penelitian serta kegiatan inovatif dan kreatif untuk dapat menguasai dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Produksi Perkapalan yang unggul serta relevan bagi kebutuhan pembangunan Nasional dan Asia Pasifik.
  3. Mengembangkan informasi serta pelayanan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Produksi Perkapalan yang unggul, tepat guna, dan berhasil guna menopang pembangunan dan pertumbuhan Nasional dan Asia Pasifik.
Tujuan
  1. Meningkatkan kualitas dan relevansi lulusan dalam bidang produksi perkapalan
  2. Meningkatkan kualitas, kuantitas dan relevansi dari kegiatan-kegiatan penelitian dalam bidang produksi perkapalan
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan-pelayanan informasi tentang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang produksi perkapalan untuk pembangunan bangsa dan pertumbuhan ekonomi kawasan Asia Pasifik. 

LAB HIDRODINAMIKA
Visi
Laboratorium Hidrodinamika Jurusan Teknik Perkapalan sebagai sumber dan jaringan unggul untuk terwujudnya pengalihan dan pengembangan IPTEK Perkapalan di bidang hidrodinamika yang menunjang pembangunan industri perkapalan yang berwawasan lingkungan.

Misi
  1. Mewujudkan penelitian IPTEK Perkapalan di bidang Hidrodinamika yang unggul untuk menghasilkan lulusan berkualitas global.
  2. Mengembangkan penelitian serta kegiatan inovatif dan kreatif untuk dapat menguasai dan mengembangkan IPTEK Perkapalan di bidang Hidrodinamika yang unggul serta releva bagi kebutuhan pembangunan Nasional dan Asia Pasifik.
  3. Mengembangkan pelayanan pengabdian kepada masyarakat, IPTEK Perkapalan di bidang Hidrodinamika yang unggul, tepat guna, dan berhasil guna menunjang pembangunan dan pertumbuhan perekonomian Nasional dan Asia Pasifik.
  4. Mengembangkan dan menjaga nilai, etika dan moral akademis dalam rangka meningkatkan peran masyarakat akademis di bidang Hidrodinamika untuk mendukung pertumbuhan peradaban kelautan dan pelestarian tradisi bahari.
Tujuan
  1. Meningkatkan kualitas, relevansi, suasana akademis dan produktivitas lulusan dalam bidang Hidrodinamika
  2. Meningkatkan kualitas, kuantitas dan relevansi dari kegiatan-kegiatan penelitian dan produk-produk yang inovatif dan kreatif di bidang hidrodinamika.
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan pengabdian pada masyarakat tentang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Hidrodinamika untuk mendukung pembangunan nasional dan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Pasifik.
  4. Meningkatkan peran dari Laboratorium Hidrodinamika Jurusan Teknik Perkapalan dalam rangka menjaga dan mengembangkan nilai-nilai akademis, etika dan moral yang tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar