Selasa, 14 Desember 2010

ITS Hydromoodelling Club

Di kampusku, Jurusan Teknik Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya atau biasa disingkat dengan ITS, terdapat sebuah kegiatan yang bernama Hydromodelling Club, kegiatan ini dibentuk melalui suatu forum diskusi antar Mahasiswa Teknik Perkapalan dimana mereka ingin mengaplikasikan ilmu yang didapat dari mata kuliah yang dipelajari selama belajar di Jurusan ini. Hydromodelling Club adalah suatu wadah atau tempat yang dimana bisa menampung dan menyalurkan bakat ataupun minat Mahasiswa Teknik Perkapalan ITS dalam membuat miniatur kapal remote control. Hydromodelling Club merupakan suatu karya anak bangsa yang mengandung nilai harkat dan martabat bangsa yang lahir dari Mahasiswa Teknik Perkapalan ITS.
(nb: tony blank banget ^^)

apa itu Hydromodelling..?
Hydromodelling berasal dari 2 kata, yaitu hydro dan modelling. Hydro berarti air sedangkan modelling dapat diartikan sebagai permodelan. Jadi, hydromodelling adalah bentuk model dari sebuah benda yang dimana media yang digunakan berupa air. Dengan menggunakan metode hydromodelling, kita bisa menghasilkan model atau miniatur alat transportasi air yaitu kapal. Dan, miniatur kapal tersebut terdiri dari berbagai jenis seperti halnya pembagian jenis kapal aslinya contohnya Kapal pesiar (cruise ship), kapal penumpang (passenger ship), kapal tangki (tanker ship), kapal peti kemas (container ship), kapal curah (bulk carrier),kapal cepat (speed boat), bahkan kapal perang (warship) sekalipun.

Dalam membuat miniatur kapal dengan menggunakan metode hydromodelling, diperlukan keahlian dalam mendesain suatu model kapal sehingga memerlukan keahlian khusus di bidang hydromodelling. Seperti model kapal yang simetris, detail konstruksi, detail peralatan model kapal, sehingga didapatkan model kapal yang menyerupai bentuk kapal sebenarnya dan juga memiliki karakteristik yang ditinjau dari segi seni dan kemampuannya bertahan melawan gelombang.

Sedangkan dari segi seni, parameternya adalah seberapa menariknya miniatur kapal tersebut. Dan tipe kapal satu dengan kapal yang lainnya tentu saja mempunyai perbedaan bentuk dan karakteristik. Dalam pembahasan ini akan dijelaskan bagaimana cara pembuatan miniatur kapal dengan menggunakan metode hydromodelling, namun belum lengkap dengan penjelasan pemasangan mesin penggerak (main engine).

Disini bisa dibilang kami menemukan metode baru, yaitu dengan memasang radio remote control pada miniatur kapal buatan kami, sehingga kapal tersebut dapat dikendalikan dari jarak jauh. Sejauh ini hasil dari penemuan kami tersebut terbilang sukses, ini dibuktikan dengan diselenggarakannya acara NASDARC (National Ship Design and Race Competition) yaitu salah satu sub-kegiatan yang ada di SAMPAN (Semarak Mahasiswa Teknik Perkapalan) yang berlangsung semenjak tahun 2004. Dimana dalam acara tersebut kita mengajarkan kepada para peserta bagaimana cara membuat miniatur kapal berbahan fiber glass dan juga bisa dikendalikan dari jarak jauh.


hasil karya
ITS Hydromodelling Club

 
 












Arek ITS Hydromodelling Club sedang beraksi


6 komentar:

chandra naval architecture mengatakan...

kalo mau gabung dan tertarik dengan hydromodelling,, langsung saja hubungi :
cp : chandra/kunam (085731048844)

karena kita semua sama" ingin belajar...^^

Anonim mengatakan...

Club Hydro ada dari anggota HIMATEKPAL
Club Hydro ada oleh anggota HIMATEKPAL
Club Hydro ada untuk anggota HIMATEKPAL khususnya, dan masyarakat luas umumnya.

chandra naval architecture mengatakan...

mantaph,,josh...!!

Unknown mengatakan...

wah......muaaantaaap......om
boleh saya ikut jd anggota,karena saya hobby yg main di air om

Unknown mengatakan...

Ikut gan

bung wardi mengatakan...

inspiratif..
kira2 kalo untuk diproduksi dan untuk dipakai hobby hydromodelling bisa gk ya mas?

tks

Posting Komentar